Andriani, Aprilia (2017) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Di Kelas IV SDN 03 Simpang Haru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_APRILIA_ANDRAINI_1300424_3928_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_APRILIA_ANDRAINI_1300424_3928_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_APRILIA_ANDRAINI_1300424_3928_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) adalah salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bekerjasama, berbagi hasil kerja dan informasi kepada kelompok lainnya, sehingga menjadikan pembelajaran bermakna dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe TSTS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 03 Simpang Haru tahun ajaran 2016/ 2017. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 03 Simpang Haru yang mempunyai dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe TSTS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 03 Simpang Haru. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh t hitung (2,29) > t tabel (1,678). Hasil belajar PKn yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari rata-rata 82,00 dan rata rata yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 77,50.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning ,Two Stay Two Stray (TSTS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:28 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18794 |