Utami, Sri Ayu (2014) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 08 Padang Besi Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SRI_AYU_UTAMI_54306_6143_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_SRI_AYU_UTAMI_54306_6143_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SRI_AYU_UTAMI_54306_6143_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SD Negeri 08 Padang Besi Kota Padang. Hal ini di karenakandalam pembelajaran soal ceritasiswa kurang memahami soal cerita yaitu apa yang diketahui, ditanya dan penyelesaian soal cerita.sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran soal cerita penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut tidak samametode problem solving di kelas IV SD 08 Padang Besi Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatankualitatif dan pendekatan kuantitatif.Subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20 orang.Penelitian ini dilaksanakan II siklus. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan. Penelitian ini terdiri dari kegiatan perencanaan,pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada pengamatan RPP, aspek guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 78,60% meningkat pada siklus II menjadi 92,86%. Aktivitas guru pada siklus I 70,83% meningkat pada siklus II menjadi 95,83%, aktivitas siswa pada siklus I 70,83% meningkat pada siklus II menjadi 95,83%, serta hasil belajar siswa pada siklus I 69,20 meningkat pada siklus II menjadi 90,71. Berarti, pendekatan metode problem solvingdapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SD Negeri 08 padang besi Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Problem Solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18791 |