Andira, Nadia Ayu (2014) Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Make a Match dalam Pelajaran Seni Tari di SMP Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NADIA_AY_ANDIRA_54748_3799_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_NADIA_AY_ANDIRA_54748_3799_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NADIA_AY_ANDIRA_54748_3799_2014.pdf
Download (692kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make a Match dalam pelajaran seni tari di SMP Negeri 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Intact-Group Comparison. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII di SMP Negeri 2 Padang tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan teknik dalam penentuan sampel adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil tes akhir siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match adalah (83,594) dan untuk kelas kontrol (77,031). Pada uji normalitas, kedua kelas terdistribusi normal karena L 0 < L . pada uji homogenitas, kedua kelas juga memiliki varians yang homogen. Untuk itu dilakukanuji-t pada taraf signifikan 0,05, diperoleh t t > t tabel yaitu 4,5>1,67 dengan demikian hipotesis kerja (H ) diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa i 1 yang belajar Seni Tari dengan penerapan tipe Make a Match dengan hasil belajar pendekatan konvensional, dan model pembelajaran tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi seni tari berpasangan/ kelompok nusantara di SMP Negeri 2 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, Seni Tari |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:25 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18783 |