Putri, Sri Atikah (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas II SD Negeri 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SRI_ATIKAH_PUTRI_17129415_2265_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_SRI_ATIKAH_PUTRI_17129415_2265_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SRI_ATIKAH_PUTRI_17129415_2265_2021.pdf
Download (362kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan pembelajaran tematik terpadu belum optimal dilaksanakan oleh guru sebagaimana yang idealnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan Saintifik di Kelas II SD Negeri 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjekt penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas II SD Negeri 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar yang terdiri dari 22 orang siswa yaitu 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, test dan non test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 83,33% (baik) dan siklus II dengan nilai 91,66% (sangat baik), b) Pelaksanaan pada aktifitas guru siklus I dengan rata-rata 83,92% (baik) dan siklus II dengan nilai 92,85% (sangat baik), sedangkan pelaksanaan pada aktifitas siswa siklus I dengan rata-rata 78,57% (cukup) dan siklus II dengan nilai 92,85% (sangat baik), c) Penilaian terhadap nilai siswa dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 77,09 dan siklus II dengan nilai 85,89, penilaian sikap pada siklus I diperoleh 4 sikap siswa yang menonjol, dan siklus II diperoleh 7 sikap siswa yang menonjol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 01 Batipuah Baruah Kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Saintifik, Tematik Terpadu. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:25 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18782 |