Motivasi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Bukittingi

Frischa, Nadia Aulia (2014) Motivasi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Bukittingi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NADIA_AULIA_FRISCHA_54728_1032_2015.pdf] Text
final_B1_6_NADIA_AULIA_FRISCHA_54728_1032_2015.pdf

Download (677kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa dalam proses pembelajaran seni musik di SMP Negeri 2 Bukittinggi serta mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran seni musik. Jenis penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Objek peneitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII.2 penelitian ini dilakukan pada smester genap dari bulan november sampai desember 2014. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri sebagai observer, instrument penunjang yaitu buku tulis dan pulpen, serta handphone sebagai alat untuk potret dan rekam. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa pada pembelajaran seni musik di SMP Negeri 2 Bukittingi masih rendah. hal ini disebabkan cara mengajar guru yang membosankan bagi siswa, serta adanya faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam proses pembelajaran seni musik di SMP Negeri 2 Bukittingi, yaitu pertama, faktor internal yang merupakan faktor dari dalam diri siswa yang meliputi konsentrasi belajar dan kesadaran. Kedua yaitu faktor eksternal yang merupakan faktor dari luar diri siswa yang meliputi , faktor guru, faktor pendekatan pembelajaran, faktor strategi pembelajaran, faktor metode, faktor media, dan faktor evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi siswa, Proses pembelajaran Seni Musik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:24
Last Modified: 30 Jul 2025 03:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18777

Actions (login required)

View Item
View Item