Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Di Kelas IV SDN 01 Kec. Sasak Ranah Pasisie Kab. Pasaman Barat

Pujiati, Sri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Di Kelas IV SDN 01 Kec. Sasak Ranah Pasisie Kab. Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SRI PUJIATI_57161_492_2013.pdf] Text
final_B1_6_SRI PUJIATI_57161_492_2013.pdf

Download (543kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran IPS yang masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru, dan standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan dengan mengunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) di Kelas IV SD N 01 Kec. Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Psaman Barat.. Hal tersebut bertujuan agar siswa mampu Kreatif, belajar memecahkan suatu masalah tertentu serta mampu bergaul dalam lingkungan kelompok maupun kehidupan sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N 01sasak Kec. Sasak Ranah Pasisie Kab. Pasaman Barat. Penelitian ini di laksanakan dalam dua kali siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil Penilaian RPP siklus I yaitu 67,85 meningkat pada siklus II yaitu 96,42%. Kegiatan guru pada siklus I yaitu 66,66% meningkat pada siklus II yaitu 94,44% . Kegiatan siswa pada siklus I yaitu 69,44% meningkat pada siklus II yaitu : 97,22%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:24
Last Modified: 30 Jul 2025 03:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18772

Actions (login required)

View Item
View Item