Efektivitas Layanan Penguasaan Konten menggunakan Strategi Problem Solving untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa dalam Belajar (Studi Eksperimen terhadap Siswa SMAN 7 Padang)

Agustian, Winda Yola (2018) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten menggunakan Strategi Problem Solving untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa dalam Belajar (Studi Eksperimen terhadap Siswa SMAN 7 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_WINDA_YOLA_AGUSTIAN_1304869_2323_2018.pdf] Text
B1_05_WINDA_YOLA_AGUSTIAN_1304869_2323_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Self Regulated Learning dalam belajar merupakan kemampuan siswa mengatur diri dalam belajar . Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru BK untuk meningkatkan self regulated learning siswa dalam belajar yaitu melalui layanan penguasaan konten. Namun pada kenyataannya, upaya yang diberikan oleh guru BK belum mencapai sasaran sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan melihat efektivitas layanan penguasaan konten menggunakan strategi problem solving untuk meningkatkan self regulated learning siswa dalam belajar di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment rancangan The Non Equivalent Countrol Group. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 SMAN 7 Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, kemudian dianalisis dengan teknik uji beda (t-test) menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.0 dan Microsoft Excell 2007. Temuan penelitian ini mengungkapkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada self regulated learning dalam belajar siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten menggunakan strategi problem solving (2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada self regulated learning dalam belajar siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten tanpa menggunakan strategi problem solving (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada self regulated learning siswa antara kelompok eksperimen yang mengikuti layanan penguasaan konten menggunakan strategi problem solving dan self regulated learning siswa kelompok kontrol yang mengikuti layanan penguasaan konten tanpa menggunakan strategi problem solving

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Penguasaan Konten, Strategi Problem Solving, Self regulated learning
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:24
Last Modified: 30 Jul 2025 03:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18769

Actions (login required)

View Item
View Item