Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Meto de Demonstrasi di Kelas IV Pada SD N 35 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar.

Afiona, Sri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Meto de Demonstrasi di Kelas IV Pada SD N 35 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SRI AFIONA_52660_2528_2012.pdf] Text
final_B1_6_SRI AFIONA_52660_2528_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SD N 35 Sungai Tarab dan hasil wawancara terhadap siswa dan guru kelas IV SD N 35 Sungai Tarab bahwa siswa dalam proses pembelajaran hanya menerima, mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Siswa lengah dan tidak tertarik kepada pembelajaran IPA. Guru hanya menyampaikan materi, dan siswa mendengar, konsentrasi siswa terhadap pembelajaran IPA tidak begitu berkembang dan siswa tidak aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini dapat diatasi dengan metode demonstrasi, karena dengan metode demonstrasi siswa melakukan tindakan, dan mengalami sendiri apa yang sedang dipelajarinya. Untuk itu peneliti ingin menerapkan metode demonsatrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dikelas IV SD N 35 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat tindakan dalam dua siklus, penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan yaitu, tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru, siswa kelas IV SDN 35 Sungai Tarab. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 35 Sungai Tarab di peroleh bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 61,82 dengan persentase 62%, menunjukkan ketercapaian yang diperoleh belum mencapai Standar Ketuntasan Minimal (KKM). Sedangkan pada siklus I pertemuan 2 adalah 76,86 dengan persentase 77%. Jadi hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69,50%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang tercapai adalah 83%, ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian tersebut terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat pada semua aspek yang diamati.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Menggunakan Meto de Demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:23
Last Modified: 30 Jul 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18763

Actions (login required)

View Item
View Item