Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Alat Permainan Balok Geometri di Taman Kanak-Kanak Model Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman

Mitrawati, Mitrawati (2012) Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Alat Permainan Balok Geometri di Taman Kanak-Kanak Model Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_MITRAWATI_07771_348_2013.pdf] Text
final_B1_7_MITRAWATI_07771_348_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan pengembangan kognitif anak melalui permainan balok geometri masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran pada bidang pengembangan kognitif di Taman Kanak-kanak Model
Sungai Sarik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya untuk meningkatkan proses pembelajaran
yang lebih optimal, dengan menggunakan subjek penelitian anak Taman Kanakkanak Model Sungai Sarik kelompok B1 dengan jumlah 20 orang anak. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara, teknik yang digunakan
dalam pengumpulan data adalah melakukan observasi dan format hasil penelitian anak. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan
siklus II. Hasil rata-rata persentase kemampuan anak dalam permainan balok geometri dilihat dari siklus I pada umumnya masih rendah. Dan setelah dilakukan tindakan pada siklu II terjadi peningkatan. Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan, dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan pengembangan kognitif anak melalui alat permainan balok
geometri dari siklus I. Setelah tindakan terjadi peningkatan pada siklus II sesuai dengan yang diharapkan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:23
Last Modified: 30 Jul 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18757

Actions (login required)

View Item
View Item