Winangun, Agnes Ariant (2015) Kegiatan Apresiasi dalam Pembelajaran Seni Musik di SMA Negeri 1 Seberida Kecamatan Seberida Indragiri Hulu Riau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AGNES_ARIANTI_WINANGUN_2683_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_AGNES_ARIANTI_WINANGUN_2683_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AGNES_ARIANTI_WINANGUN_2683_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menngungkapkan dan menjelaskan tentang materi dan peranan kegiatan apresiasi dalam pembelajaran seni musik di SMA Negeri 1 Seberida Indragiri Hulu Riau.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan mengungkapkan fenomena-fenomena yang terjadi dalam kegiatan apresiasi pada pembelajaran seni musik di SMA Negeri 1 Seberida. Data diperoleh dengan pengamatan langsung dan wawancara, serta studi pustaka dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan fenomena yang terjadi dalam pembelajaran, dengan menafsir hubungan antara fenomena yang terjadi di dalam pembelajaran tersebut, dengan menggunakann model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan, bahwa materi kegiatan apresiasi merupakan materi dari seni musik nusantara, yaitu seperti tayangan tentang seni musik Talempong, Gamelan, dan Kompang dari Kepulauan Riau. Materi ini mendukung terlaksananya proses pemeblajaran seni musik nusantara. Adapun peranan kegiatan apresiasi ini adalah sebagai rangsangan imajinasi bagi siswa dalam pembelajaran seni musik, sehingga siswa mampu mengenal dan memahami seni musik nusantara.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seni Musik, Apresiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education M Music and Books on Music > ML Literature of music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:21 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18737 |