Fajriani, Nabila (2022) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SD Negeri 56 Anak Air. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NABILA_FAJRIANI_18129069_1550_2022.pdf [thumbnail of final_B1_6_NABILA_FAJRIANI_18129069_1550_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NABILA_FAJRIANI_18129069_1550_2022.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik, dan kurangnya kreatifitas guru dalam penggunaan model pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 56 Anak Air. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay di kelas V SD Negeri 56 Anak Air. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 15 orang. Dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I a) RPP menunjukkan rata-rata 89,90% (B) dan siklus II menjadi 97,72% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 86,45% (B) dan siklus II 95,83% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I rata-rata 86,45% (B), dan siklus II menjadi 95,83% (SB), c) Penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 69,1 (C) dan siklus II rata-rata 90,13 (SB) . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu, Course Review Horay |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:21 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18734 |