Saputra, Muhammad Ikhbal (2018) Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_07_MUHAMMAD_IHKBAL_SAPUTRA_1302463_1197_2018.pdf [thumbnail of final_B1_07_MUHAMMAD_IHKBAL_SAPUTRA_1302463_1197_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_07_MUHAMMAD_IHKBAL_SAPUTRA_1302463_1197_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) adalah kegiatan akademik yang bertujuan untuk melatih dan mengukur kemampuan mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang dipelajarinya dalam perkuliahan dan mengimplementasikan nya pada kondisi nyata di sekolah tempat praktek mengajar, baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas non-mengajar. Dalam melaksanakan PPLK, ada sebagian kecil dari siswa/i yang beranggapan bahwa keterampilan dasar mengajar yang dimiliki oleh mahasiswa PPLK masih lemah. Anggapan tersebut mengakibatkan rendahnya minat dan motivasi belajar sebagian dari siswa tersebut untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar disekolah yang dipimpin oleh mahasiswa PPLK sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai dengan sepenuhnya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan bahwa ada anggapan yang baik dan anggapan yang kurang baik dari siswa/i terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPLK sehingga pelajaran yang dilaksanakan mahasiswa PPLK masih belum optimal. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 5 padang semester Juli – Desember tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 66 orang peserta didik yang terdiri dari 33 orang di kelas XI TM1 dan 33 orang di Kelas XI TM2. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) yang menggunakan skala Likert yang sudah di uji validitas dan reabilitasnya, sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan teknik persentase dan bantuan komputer program SPSS versi 16.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan persepsi siswa terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa yang melaksanakan PPLK pada mata diklat gambar teknik di SMK Negeri 5 Padang adalah baik dengan persentase 78.80%, yang diukur dari lima indikator dengan nilai persentase perindikator yaitu keterampilan bertanya sebesar 80.65%, keterampilan memberi penguatan sebesar 79.16%, keterampilan variasi stimulus sebesar 80.04%, keterampilan membuka dan menutup pelajaran sebesar 77.60%, dan keterampilan mengelola kelas sebesar 76.22% .
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Dasar Mengajar, Mahasiswa PPLK, Gambar Teknik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Zikri Ramadhan |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:19 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18728 |