Marta, Taufik (2018) Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Mata Diklat Mekanika Teknik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_07_TAUFIK_MARTA_1302461_2717_2018.pdf [thumbnail of B1_07_TAUFIK_MARTA_1302461_2717_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_07_TAUFIK_MARTA_1302461_2717_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan keinginan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran, sehingga memberikan dampak yang kurang baik terhadap hasil pembelajaran tersebut. Salah satu pilihan yang bisa dicoba adalah menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik untuk merangsang minat siswa tersebut untuk mengikuti proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang semestinya dapat berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran Direct Instruction pada mata diklat Mekanika Teknik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment (Posttest Only Control Design). Setelah melakukan analisis data uji beda nilai UH (Ulangan Harian) pada KD 9, didaptatkan hasil kelas X TM 1 sebagai kelas uji coba soal, sedangkan kelas X TM 2 dan kelas X TM 3 Sebagai subjek penelitian. diketahui bahwa kedua kelas ini memiliki kemampuan awal yang sama, maka dipilihlah kelas eksperimen dan kelas kontrol secara acak. Hasil undian terpilihlah kelas X TM 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TM 3 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya adalah dengan mengumpulkan hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil post-test, data yang diperoleh dianalisis dengan uji Independent Samples T-Tes untuk melihat perbedaan hasil belajar kedua kelas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata rata nilai post-test siswa kelas eksperimen adalah 81,3125 dan rata rata nilai post-test siswa kelas kontrol adalah 74,4375. Perhitungan menggunakan uji Independent Samples T-Tes untuk menguji hipotesis yang ada yaitu nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikansi antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dengan keputusan akhir Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran Direct Instruction pada mata diklat Mekanika Teknik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Quasi Experiment, uji Independent Samples T-Tes. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Al Hafidz Ramadhan |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:19 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18726 |