Juanda, Wedi (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_Wedi_Juanda_14023014_1071_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_Wedi_Juanda_14023014_1071_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_Wedi_Juanda_14023014_1071_2019.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni budaya (musik kontemporer) kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Sawahlunto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan dibantu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan studi pustaka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik dalam menganalisis data dilakukan dengan cara pengolahan data langsung setelah dilapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran musik kontemporer, pembelajaran yang dilaksanakan guru berbeda dengan apa yang telah tertulis dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam Rancangannya terdapat 4 materi yaitu musik kontemporer, teknik musik kontemporer, musik kontemporer Indonesia dan muik kontemporer luar negeri. Dari keempat materi tersebut ternyata guru hanya mengajarkan materi musik kontemporer, musik kontemporer Indonesia dan musik kontemporer luar negeri. Dalam pelaksanaannya guru menggunakan strategi penyampaian materi, penilaian dan belajar secara kelompok dengan menggunakan metode ceramah diskusi dan tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Pembelajaran, Seni Budaya |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:19 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18722 |