Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Sumardi, Willy Caesar (2018) Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Mekatronika SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_WILLY_CAESAR_SUMARDI_14065013_581_2018.pdf] Text
B1_05_WILLY_CAESAR_SUMARDI_14065013_581_2018.pdf

Download (901kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar komparasi hasil belajar antara model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Problem Based learning (PBL) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika kelas X Teknik Mekatronika (MEKA) semester genap SMK Negeri 1 Sumatera Barat Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Jumlah populasi sama dengan jumlah sampel sebagai subjek penelitian, sebagai kelas eksperimen I adalah X MEKA A menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament dan kelas eksperimen II adalah X MEKA B menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dari nilai post-test, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen I mendapatkan nilai rata-rata 84,29 dan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 81,21. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan dengan uji dua belah pihak, dimana t > t t atau t > dimana, 2,39 > 2,056 atau 2,39 >-2,056, maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tersebut, didapatkan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, hipotesis diterima dimana terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan siswa menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament lebih tinggi nilainya dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:19
Last Modified: 30 Jul 2025 03:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item
View Item