Hasan, Miswen (2011) Upaya Meningkatkan Pengembangan Motorik Kasar Anak melalui Senam Fantasi di TK Tunas Mekar Sicincin Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_MISWEN_HASAN_07847_430_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_MISWEN_HASAN_07847_430_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_MISWEN_HASAN_07847_430_2012.pdf
Download (184kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan motorik kasar nak dimana anak kurang dalam hal pengembangan motorik kasar, terutama dalam melakukan gerakan-gerakan dalam motorik kasar. Secara umum tujuan untuk meningkatkan pengembangan motorik kasar anak melalui senam fantasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang bersifat meningkatkan pratek pembelajaran di kelas secara professional, guru untuk memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan subjek penelitian anak kelompok B2 TK tunas mekar sicincin kabupaten Padang Pariaman yang berjumlah 20 orang.Data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara penelitiaan
tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasi penelitian setiap siklus telah menunjukan adanya peningkatan pengembangan motorik kasar anak, dari siklus 1 yang pada umumnya masih rendah terlihat belum semua anak aktif dalam
mengikuti kegiatan, setelah dilakukan tindakan siklus II menunjukan adanya peningkatan karena semua anak aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat
dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan fisik motorik anak khususnya dengan senam fantasi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui senam fantasi dapat meningkatkan pengembangan motorik kasar anak di
TK Tunas mekar sicincin kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18701 |