Nofitri, Widya (2018) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berorientasi Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_WIDYA_NOFITRI_14033023_3176_2018.pdf [thumbnail of B1_05_WIDYA_NOFITRI_14033023_3176_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_WIDYA_NOFITRI_14033023_3176_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran Fisika yang dilakukan di sekolah belum terlaksana dengan baik, pembelajaran masih didominasi pada ceramah guru dan belum berorientasi pada aktivitas peserta didik. Akibatnya materi pembelajaran sukar dipahami dan pencapaian kompetensi peserta didik cenderung rendah. Melihat keadaan tersebut, maka alternatif solusi yang dipilih adalah dengan menerapkan bahan ajar Fisika berorientasi inkuiri terbimbing untuk meningkatkan pencapaian kompetensi peser ta didik dalam pembelajaran Fisika. Berdasarkan masalah dan alternatif solusi yang dipilih maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berorientasi Inkuiri Terbimbing Terhadap Pen capaian Kompetensi Peserta Didik Kelas X SMAN 9 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (Quasi Experimen tal Design) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 9 Padang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes untuk kompetensi pengetahuan, format observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan serta dilengkapi de ngan rubrik penilaian. Data yang diperoleh pada kompetensi sikap dianalisis da lam bentuk grafik sedangkan data yang diperoleh pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, uji regresi linier sederhana, dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen le bih tinggi daripada kelas kontrol pada ketiga kompetensi yang dinilai. Hasil ana lisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara bahan ajar Fisika berorientasi inkuiri terbimbing terhadap pencapaian kompetensi pengetahu-an peserta didik, sedangkan hubungan antara bahan ajar Fisika berorientasi inkuiri terbimbing dengan kompetensi keterampilan peserta didik adalah sedang. Besar kontribusi penggunaan bahan ajar Fisika berorientasi inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kompetensi pengetahuan adalah sebesar 67%, sedangkan untuk peningkatan kompetensi keterampilan sebesar 23%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Fisika; Inkuiri Terbimbing; Pencapaian Kompetensi; Peserta Didik; SMAN 9 Padang; Pembelajaran Fisika |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Thoriq Abdillah |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:14 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18693 |