Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 38 Kampung Baru Kota Padang

Wahyuni, Ridha (2017) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 38 Kampung Baru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RIDHA_WAHYUNI_1300503_4355_2017.pdf] Text
final_B1_06_RIDHA_WAHYUNI_1300503_4355_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya siswa yang kesulitan dalam mengenali unsur yang diketahui dan ditanyakan soal, sehingga berdampak pada kesalahan siswa dalam menuliskan unsur yang diketahui dan ditanyakan soal. Siswa yang mengalami kesulitan memahami bacaan akan mengalami kesulitan pula dalam memecahkan soal matematika yang berbentuk cerita tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : Apakah terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD Negeri 38 Kampung Baru Kota Padang tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya siswa yang kesulitan dalam mengenali unsur yang diketahui dan ditanyakan soal, sehingga berdampak pada kesalahan siswa dalam menuliskan unsur yang diketahui dan ditanyakan soal. Siswa yang mengalami kesulitan memahami bacaan akan mengalami kesulitan pula dalam memecahkan soal matematika yang berbentuk cerita tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : Apakah terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD Negeri 38 Kampung Baru Kota Padang tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 38 Kampung Baru Kota Padang dengan populasinya seluruh siswa kelas IV SDN 38 Kampung Baru Kota Padang tahun pelajaran 2016/2017. Karena subjek kurang dari 100, maka pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 38 Kampung Baru Kota Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 53 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara keterampilan membaca pemahaman dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas IV SD Negeri 38 Kampung Baru Kota Padang tahun ajaran 2016/2017. Hubungan yang positif dan kuat ditunjukkan oleh besarnya koefisien korelasi yaitu sebesar 0,7002.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Membaca Pemahaman, Soal Cerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:14
Last Modified: 30 Jul 2025 03:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18688

Actions (login required)

View Item
View Item