Rambe, Miswardah (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kata Menggunakan Potongan Iklan Di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_MISWARDAH RAMBE_58613_4198_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_MISWARDAH RAMBE_58613_4198_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_MISWARDAH RAMBE_58613_4198_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan membaca anak usia dini di TK Pertiwi I Kota Padang masih
jauh dari kemampuan yang hendak dicapai. Hal ini terlihat dari kemampuan anak
mengenal kata, anak belum mampu menyebutkan tulisan sederhana dan
membedakan suku kata awal yang sama. Anak juga kurang tertarik dalam
pembelajaran membaca. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan membaca anak melalui permainan kata dengan menggunakan
potongan iklan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian
yang bersifat meningkatkan praktek di kelas secara profesional guru untuk
memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan. Subjek penelitian ini
adalah kelompok B5 TK Pertiwi I Kota Padang yang berjumlah 20 orang. Teknik
yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi anak
selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Permainan kata menggunakan
potongan iklan sangat bermanfaat bagi perkembangan membaca anak. Dengan
permainan ini peningkatan kemampuan membaca anak dapat berkembang
seoptimal mungkin. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus.
Berdasarkan penelitian ini disetiap siklus telah menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan membaca anak. Dari kondisi awal pada umumnya,
peningkatan kemampuan membaca anak masih rendah.pada siklus I pencapaian
nilai rata-rata peningkatan kemampuan membaca anak meningkat menjadi tinggi.
Sedangkan pada siklus II peningkatan kemampuan membaca anak meningkat.
Dengan keberhasilan yang telah dicapai setiap aspek rata-rata tingkat
keberhasilan melebihi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan
75 persen sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
permainan dan media yang menarik sangat tepat untuk peningkatan
perkembangan membaca anak di TK Pertiwi I Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:13 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18685 |