Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada siswa SMA Kartika 1- 5 Padang

Leoni, Sonya (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada siswa SMA Kartika 1- 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SOMYA LEONI_06491.pdf] Text
final_B1_6_SOMYA LEONI_06491.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di la pangan yaitu di SMA Kartika 1-5 Padang masih ada siswa kelas XI yang memperoleh hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 72 dengan rentang 0 – 100. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah model pembelajaran yang kurang tepat. Untuk itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya khususnya pada siswa untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa pada materi pelajaran yang diberikan guru di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasy experimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Kartika 1-5 Padang Tp. 2011/2012. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran tutor sebaya dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secara manual untuk uji homogenitas dan normalitas serta hipotesisnya. Dari hasil tes penelitian didapat hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tutor sebaya yaitu 74,21, sementara siswa yang menggunakan metode konvensional lebih rendah yaitu 68,28. Berarti pembelajaran tutor sebaya memberikan pengaruh sebesar 7,99% dari nilai rata rata sebelum dilakukan penelitian. Hasil hipotesis secara manual didapatkan berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung 2,97 > ttabel (1,666). Sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada ratarata hasil belajar kelas kontrol

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: utor sebaya, Quasy Experimental Design ,TIK, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:11
Last Modified: 30 Jul 2025 03:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18670

Actions (login required)

View Item
View Item