Wardani, Ridha (2013) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana dengan Strategi Quantum Teaching di Kelas V SD Negeri 09 Manggis Kota Bukittinggi. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RIDHA_ WARDANI_ 11947_4062_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_RIDHA_ WARDANI_ 11947_4062_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RIDHA_ WARDANI_ 11947_4062_2013.pdf
Download (734kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran jaring-jaring bangun ruang sederhana yang disajikan belum maksimal oleh guru dan kurangnya kinerja pembelajaran yang mengaktifkan siswa serta kurangnya penggunaan kemudahan proses pembelajaran yang efektif. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa tentang jaring-jaring bangun ruang sederhana dan belum mencapai standar ketuntasan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan,pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar jaring-jaring bangun ruang sederhana dengan strategi Quantum Teaching di kelas V SD Negeri 09 Manggis kota Bukittinggi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, hasil pengamatan dan refleksi pelaksanaan pembelajaran jaring-jaring bangun ruang sederhana dengan strategi Quantum Teaching di kelas V SD Negeri 09 Manggis kota Bukittinggi. Subjek penelitian yaitu guru kelas yang saat penelitian bertindak sebagai observer dan siswa yang berjumlah 35 orang yaitu perempuan 14 orang dan 21 orang laki-laki.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada 1) perencanaan dari 77,08% meningkat menjadi 89,58%. Kemudian 2) pelaksanaan a) aktivitas guru dari 71,58% meningkat menjadi 85,22% , b) aktivitas siswa dari 75,00% meningkat menjadi 87,49%, 3) hasil belajar siswa, dari 2 siklus yaitu dari aspek kognitif siklus 1 72,76 meningkat menjadi 82,14 pada siklus 2. Aspek afektif 73,05 meningkat menjadi 78,45. Aspek psikomotor 71,55 meningkat menjadi 79,76. Rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran jaring-jaring bangun ruang sederhana mengalami peningkatan dari 72,45 pada siklus 1 meningkat menjadi 84,63 pada siklus 2. Dengan demikian, strategi Quantum Teaching berhasil meningkatkan hasil belajar jaring-jaring bangun ruang sederhana di kelas V SD Negeri 09 Manggis kota Bukittinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma/Proyek Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Jaring-jaring bangun ruang, Bangun ruang sederhana. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:11 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18669 |