Ekawati, Ridania (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RIDANIA_EKAWATI_96297_5196_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_RIDANIA_EKAWATI_96297_5196_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RIDANIA_EKAWATI_96297_5196_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa hasil belajar IPS di kelas IV SDN 10 Bandar Buat masih rendah, karena dalam pembelajaran IPS sumber informasi hanya berasal dari guru, tidak adanya pengaplikasian dalam kehidupan nyata siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Bandar Buat Kota Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran IPS dengan pendekatan STM di kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 10 Banda Buat Kota Padang berjumlah 29 orang. Prosedur penelitian terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I adalah 71,35%, pada siklus II meningkat menjadi 82%, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I 71,55% meningkat menjadi 85% pada siklus II, dan pada aspek siswa siklus I 64,6% meningkat pada siklus II menjadi 75%, (c) Hasil belajar siswa pada siklus I 73,15 meningkat menjadi 85,09, dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terlihat adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan pendekatan STM dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran IPS, Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 03:10 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 03:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18664 |