Peningkatan Proses Pembelajaran IPS Siswa dengan Menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Numbered Head Together Kelas IV SDN 51 Payakumbuh

Sofiyerni, Sofiyerni (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran IPS Siswa dengan Menggunakan Model Cooperatif Learning Tipe Numbered Head Together Kelas IV SDN 51 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SOFIYERNI_95567_3210_2016.pdf] Text
final_B1_6_SOFIYERNI_95567_3210_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada pembelajaran IPS dimana guru masih banyak memberikan penjelasan materi dan siswa mencatat kembali penjelasan yang diberikan.Hal tersebut berdampak pada siswa yakni kurangnya partisipasi dalam mengeluarkan pendapat sehingga kurang menarik perhatian , minat dan motivasi dalam pembelajaran. Permasalahan tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran IPS menggunakan Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahap penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Terdiri dari dua siklus dengan instrument penelitian lembar observasi dan lembar tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 51 Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: (a) Perencanaan pada siklus I nilainya 82,5% (B) meningkat pada siklus II menjadi 93% (SB), (b) Pelaksanaan siklus I aspek guru nilainya 88% (B) meningkat pada siklus II menjadi 90% (SB) dan pelaksanaan siklus I aspek siswa nilainya 84% (B) meningkat pada siklus II menjadi 90% (SB), (C) meningkat pada siklus II menjadi 80% (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 51 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran IPS, Model Cooperatif Learning Tipe Numbered Head Together
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:10
Last Modified: 30 Jul 2025 03:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18662

Actions (login required)

View Item
View Item