Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 32 Sungai Jaring, Kec. Lubuk Basung, Kab. Agam

Avandra, Ricky (2013) Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 32 Sungai Jaring, Kec. Lubuk Basung, Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RICKY _AVANDRA _52481_5817_2013.pdf] Text
final_B1_06_RICKY _AVANDRA _52481_5817_2013.pdf

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan dilapangan pada pembelajaran IPA sering didominasi oleh guru dan masih menggunakan metode konvensional. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan PKP, meliputi (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) Hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari empat kali pertemuaan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru, siswa kelas IV SDN 32 Sungai Jaring. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Data penelitian berupa proses dan hasil belajar yang diperoleh dari lembar pengamatan dan lembar tes setiap tindakan dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan PKP.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat dilihat dari Siklus I ke Siklus II. Presentase perolehan nilai (RPP) adalah 76,6% meningkat menjadi 93,8%. Pelaksanaan Pembelajaran aktivitas guru presentase perolehan nilai adalah 75% meningkat menjadi 89,8%. Untuk aktivitas siswa presentase nilai adalah 69,5% meningkat menjadi 87,5%. Sedangkan presentase perolehan nilai aspek kognitif, afektif dan psikomotor adalah 68,2%, 69,9%, 69,2 % meningkat menjadi 84,5%, 85,9%, dan 85,5%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan keterampilan proses, Hasil belajar, Pembelajaran IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 30 Jul 2025 03:08
Last Modified: 30 Jul 2025 03:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18643

Actions (login required)

View Item
View Item