Wanda, Rianti (2018) Pengaruh Strategi Know-Want to Know-Learned (KWL) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Kelas IV SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RIANTI_WANDA_1305008_1990_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_RIANTI_WANDA_1305008_1990_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
final_B1_06_RIANTI_WANDA_1305008_1990_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Strategi  Know-Want  to  Know-Learned (KWL) adalah  salah  satu  strategi yang  dapat  meningkatkan  keterampilan  membaca  pemahaman.  Strategi KWL adalah strategi yang menuntut siswa berfikir  tentang apa yang telah diketahui tentang suatu topik, dan apa yang ingin diketahui tentang topiktersebut sebelum siswa membaca.  Kenyataan  di  lapangan pembelajaran  membaca  pemahamaan masih  jarang  menggunakan   strategi  yang cocok, hal ini terbukti dengan rendahnya keterampilan pemahaman siswa terhadap isi  bacaan,  oleh  karena  itu penelitian  ini  bertujuan   untuk  mengetahui  pengaruh strategi KWL terhadap keterampilan membaca pemahaman  siswa kelas IV di SD Negeri 03 Simpang Haru Kota Padang tahun ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 03 Simpang Haru yang berjumlah 54 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu semua siswa kelas IVA dan IVB. Setelah dilakukan pretest diperoleh kelas IVB sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVA sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes keterampilan membaca pemahaman, dan uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi KWL terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 03 Simpang Haru Kota Padang. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh t hitung (2,506) > t tabel (2,006). Nilai keterampilan membaca pemahaman perolehan kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari rata-tata nilai kelompok eksperimen yakni 83,29 dan rata-rata nilai kelompok yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 79,18
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | strategi KWL, Membaca Pemahaman. | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 | 
| Depositing User: | Sherin Febrianti | 
| Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:33 | 
| Last Modified: | 30 Jul 2025 02:33 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18636 | 
 
         