Pembuatan Bahan Ajar Berdasarkan Strategi Elaborasi pada Pembelajaran Fisika Kleas XI Semester 2 SMA

Widya, Widya (2012) Pembuatan Bahan Ajar Berdasarkan Strategi Elaborasi pada Pembelajaran Fisika Kleas XI Semester 2 SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SKRIPSI WIDYA (05045).pdf] Text
final_B1_6_SKRIPSI WIDYA (05045).pdf

Download (306kB)

Abstract

KTSP menuntut siswa aktif dalam pembelajaran, sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator. Sebagai fasilitator guru harus menfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Bahan ajar yang ada sekarang belum sesuai dengan karakteristik siswa sehinga siswa sulit memahami materi. Penggunaan strategi elaborasi dalam bahan ajar dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berdasarkan strategi elaborasi dalam pembelajaran Fisika kelas XI semester 2 SMA yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D).. Objek dari penelitian adalah bahan ajar berdasarkan strategi elaborasi dan siswa kelas XI IA 2 SMA Negeri 2 Padang Panjang yang berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah: lembar validasi, lembar uji kepraktisan menurut guru Fisika, lembar uji kepraktisan menurut siswa, lembar uji kepraktisan dalam pembelajaran, dan tes hasil belajar. Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis deskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan empat hasil penelitian. Pertama, bahan ajar memiliki validitas tinggi dengan nilai ratarata dari tenaga ahli 84,32. Kedua, desain bahan ajar terdiri dari petunjuk belajar, kompetensi, materi ( epotimizing, urutan prsayarat belajar, analogi, rangkuman internal dan eksternal, pesintesis, pengaktifan strategi kognitif, dan kontrol belajar), informasi pendukung, latihan-latihan, lembar kerja, tes/evaluasi, umpan balik, kunci jawaban, dan referensi. Ketiga, nilai kepraktisan bahan berdasarkan strategi elaborasi menurut guru Fisika sebagai praktisi adalah 85,87, nilai kepraktisan menurut siswa 83,97 dan penggunaan bahan ajar berdasarkan strategi elaborasi dalam implementasi pembelajaran menurut KTSP adalah praktis dengan nilai rata-rata adalah 84,44. Keempat, penggunaan bahan ajar berdasarkan strategi elaborasi dalam implementasi pembelajaran menurut KTSP adalah efektif yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar Fisika siswa secara berarti.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Strategi Elaborasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:30
Last Modified: 30 Jul 2025 02:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18626

Actions (login required)

View Item
View Item