Pengaruh Pembuatan Peta Konsep pada Model Pembelajaran Gal’perin terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA N 1 Kota Solok.

Erika, Novrida (2012) Pengaruh Pembuatan Peta Konsep pada Model Pembelajaran Gal’perin terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA N 1 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_Skripsi Novrida Erika86257.pdf] Text
final_B1_6_Skripsi Novrida Erika86257.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan rendahnya hasil pembelajaran fisika siswa. Rendahnya hasil pembelajaran diantaranya disebabkan oleh banyaknya siswa yang kurang aktif dan tidak serius selama pembelajaran berlangsung. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan pembuatan peta konsep pada model pembelajaran Gal’perin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembuatan peta konsep pada model pembelajaran Gal’perin oleh siswa terhadap hasil belajar fisika di kelas X SMA N 1 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Kota Solok yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas X 6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan lembar observasi untuk ranah afektif dan ranah psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ketiga ranah. i 10 Hasil penelitian yang diperoleh pada ranah kognitif adalah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,67 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 75,09. Hasil analisis uji t, diperoleh t hitung = 2,15 dan t tabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05, berarti t berada di luar daerah penerimaan H , maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai ratarata kelas eksperimen 82 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 76. Hasil analisis uji t, diperoleh t hitung o = 3,5 besar dari t tabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05, berarti t berada di luar daerah penerimaan H , maka Hi diterima. Pada ranah psikomotor diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 82,67 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 75,72. Hasil analisis uji t, diperoleh t o hitung = 4,99 besar dari t = 2,00 pada taraf nyata 0,05, berarti t hitung berada di luar daerah penerimaan H tabel , maka Hi diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembuatan peta konsep pada model pembelajaran Gal’perin terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA N 1 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Peta Konsep, Model Pembelajaran Gal’perin, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:45
Last Modified: 30 Jul 2025 01:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18615

Actions (login required)

View Item
View Item