Zahara, Siti (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 06 Cindakir Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SITI_ZAHARA_90218_2226_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_SITI_ZAHARA_90218_2226_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SITI_ZAHARA_90218_2226_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataaan di lapangan yaitu SD Negeri 06 Cindakir Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang, bahwa dalam proses pembelajaran membaca pemahaman guru belum menggunakan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa, sehingga belum meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pendekatan reciprocal teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan reciprocal teaching bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dimana peneliti melakukan kolaborasi dengan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 06 Cindakir Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang yang berjumlah 15 orang dan peneliti sendiri. Data dikumpulkan dengan teknik observasi. Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa pada prabaca pertemuan I adalah 61.7 dan pertemuan II adalah 68.3, saatbaca 69.2 dan pertemuan II adalah 77.5, dan pascabaca pertemuan I adalah 90 dan pertemuan II adalah 83.3 maka diperoleh rata-rata 75 dengan kategori cukup. Oleh sebab itu penelitian dilanjutkan pada siklus II ketercapaian yang diperoleh siswa pada prabaca pertemuan I adalah 75 dan pertemuan II adalah 81.7, saatbaca adalah 80.8 dan pertemuan II adalah 85.8, dan pascabaca pertemuan I adalah 83.3dan pertemuan II adalah 87.5 maka diperoleh rata-rata 83.6 dengan kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman, Pendekatan Reciprocal Teaching |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 01:37 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 01:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18606 |