Rohana, Siti (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Pengajaran Langsung di Kelas IV SDN 11 Luhak Nan Duo, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SITI_ROHANA_58320_91_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_SITI_ROHANA_58320_91_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SITI_ROHANA_58320_91_2013.pdf
Download (683kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 11 Luhak Nan Duo siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep – konsep pembelajaran IPS karena pembelajaran IPS yang berlangsung selama ini guru belum menggunakan berbagai pendekatan dalam pembelajaran IPS. Hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Pendekatan Pengajaran Langsung. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas.Data penelitian berupa informasi tentang proses yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes proses pembelajaran. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS dikelas IV SDN 11 Luhak Nan Duo .Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IV SDN 11 Luhak Nan Duo yang berjumlah 21 oran, terdiri dari siswa laki – laki 8 orang dan perempuan 13 orang.Prosedur penelitian dilakukan 1) perencanaan , 2) pelaksanaan , 3) pengamatan , 4) refleksi. Dari hasil penelitian terlihat bahwa hasil pada siklus I pertemuaan 1 pada RPP 62% pelaksanaan dari aspek guru 63% aspek siswa 61%, Hasil belajar 67,79 Pada siklus I pertemuan 2 pada RPP 81% pelaksanaan aspek guru 78% aspek siswa 76% ,Hasil belajar 76,3.Pada siklus II pada RPP nilai nya 87%, pelaksanaan aspek guru 93%, aspek siswa 91% ,Hasil belajar 82,20 .kesimpulan yang didapat dari penelitian bahwa dengan mengunakan pendekatan Pengajaran Langsung dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pendekatan Pengajaran Langsung |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 01:35 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 01:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18604 |