Putri, Rhezi Dhita (2019) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Membuat Mind Map di Kelas V SD Negeri 07 Ulak Karang Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RHEZI_DHITA_PUTRI_1108279_447_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_RHEZI_DHITA_PUTRI_1108279_447_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RHEZI_DHITA_PUTRI_1108279_447_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SD Negeri 07 Ulak Karang Selatan bahwa guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga siswa menjadi pasif, siswa kurang bersemangat dalam pembelajaran. Penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan membuat Mind Map di kelas V SD SD Negeri 07 Ulak Karang Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 24 orang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2018/2019.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan RPP pada siklus I Pertemuan I adalah 71% (C) dan Siklus I Pertemuan II adalah 82% (B), rata-rata hasil siklus I pengamatan RPP adalah 76,5% (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,6% (SB). Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I pertemuan I adalah 75% (C) dan siklus I pertemuan II adalah 82,5% (B), rata-rata hasil Pengamatan aspek guru adalah 78,8% (B) meningkat menjadi 92,6 (SB) pada siklus II dan dari aspek siswa siklus I pertemuan I 75 % (C) , dan siklus I pertemuan II adalah 85% (B), rata-rata hasil siklus I tentang aspek siswa adalah 80% (B) meningkat menjadi 92,6% (SB) pada siklus II. Dengan demikian membuat Mind Map telah dapat meningkatkan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa di kelas V SD Negeri 07 Ulak Karang Selatan Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Mind Map, Strategi Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 01:35 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 01:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18602 |