Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus V Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Ningsih, Wahyu (2017) Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus V Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_WAHYU_NINGSIH_1300440_4059_2017.pdf] Text
final_B1_06_WAHYU_NINGSIH_1300440_4059_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari di sekolah dasar, dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan yang harus dikuasai siswa, salah satunya keterampilan menulis. Keterampilan menulis yang sering dipelajari di SD adalah menulis deskripsi, sementara itu, siswa banyak yang kurang terampil dalam menulis deskripsi, salah satu permasalahan siswa kurang terampil dalam menulis deskripsi adalah kurangnya penguasaan kosakata siswa, sehingga siswa tidak termotivasi untuk menulis deskripsi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, dengan tujuan untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis deskripsi siswa. Sesuai dengan tujuan penelitian, ada dua data yang akan diolah. Pertama, data penguasaan kosakata siswa. Kedua, data keterampilan menulis deskripsi siswa. Metode ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis deskripsi siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional, dengan populasi seluruh kelas IV yang berjumlah 203 orang, penarikan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yang berjumlah 65 siswa. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistik uji t, dengan taraf signifikan 5% (= 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, penguasaan kosakata siswa berada pada kualifikasi cukup (69,92). Kedua, keterampilan menulis deskripsi siswa berada pada kualifikasi cukup (72,53). Ketiga, terdapat hubungan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis deskripsi siswa berada pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan n-2, hasil pengujian membuktikan bahwa lebih besar dari pada , yaitu 5,5354 > 1,65. Dengan demikian, semakin banyak penguasaan kosakata siswa, maka akan semakin baik keterampilan menulis deskripsinya. Sebaliknya, semakin sedikit penguasaan kosakata siswa, maka akan semakin buruk keterampilan menulis deskripsinya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hubungan, kosakata, menulis deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:34
Last Modified: 30 Jul 2025 01:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18599

Actions (login required)

View Item
View Item