Yenti, Afrina (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV SD Negeri 29 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AFRINA_YENTI_57122_6726_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_AFRINA_YENTI_57122_6726_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AFRINA_YENTI_57122_6726_2013.pdf
Download (309kB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa hasil pembelajaran IPS siswa masih rendah.Guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dan menyebabkan minat belajar siswa menurun. Karena dalam pembelajaran siswa menjadi pasif dan kebanyakan guru menggunakan metode ceramah dan menghafal. Untuk itudiadakan penelitian meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pendekatan konstruktivis dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS melalui pendekatan Konstruktivis.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanadi SD Negeri 29 Kinali. Dengan jumlah siswa 30 orang, yang terdiri dari 12 orang laki-laki, dan 18 orang perempuan.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian siklus 1 pertemuan I pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh hasil 64%, pelaksanaan dari aspek guru 60%, dari aspek siswa 52% dan hasil belajara siswa dengan rata-rata 67. Pada pertemuan II, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh hasil 71%, pelaksanaan dari aspek guru 71%, pelaksanaan dari aspek siswa 65%, dan hasil belajar siswa dengan rata-rata 70. Pada siklus II perteman I, pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh hasil 78%, pelaksanaan dari aspek guru 85%, pelaksanaan dari aspek siswa 83%, dan hasil belajar siswa dengan rata-rata 74. Pada pertemuan II rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh hasil 92%, palaksanaan dari aspek guru 89%, palaksanaan dari aspek siswa 89%, dan hasil belajar siswa diperoleh dengan rata-rata 80.Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan konstruktivis pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Pendekatan Konstruktivis |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 01:34 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 01:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18598 |