Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Team Games Turnamen (TGT) di Kelas V SDN 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi

Nofalinda, Siska (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Team Games Turnamen (TGT) di Kelas V SDN 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SISKA_NOFALINDA_50552_2216_2016.pdf] Text
final_B1_6_SISKA_NOFALINDA_50552_2216_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan refleksi diri peneliti di kelas V SDN 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi yang dilihat dari hasil belajar PKn semester I tahun pembelajaran 2014/2015, guru belum menciptakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan, menyenangkan, guru jarang memberikan pembelajaran secara berkelompok yang memungkinkan siswa berkolaborasi dalam dan antar kelompok, guru jarang memberikan pembelajaran dalam bentuk permainan yang dapat menumbuhkan minat dan kegairahan belajar siswa, dan guru jarang memberikan penghargaan kepada siswa yang telah berhasil meraih nilai memuaskan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran siklus I pertemuan 1 adalah 78% (baik), siklus I pertemuan 2 adalah 87,5% (baik), siklus II pertemuan 1 adalah 91% (sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran pada aktifitas guru siklus I pertemuan 1 adalah 75% (cukup), siklus I pertemuan 2 adalah 81% (baik), siklus II pertemuan 1 adalah 94% (sangat baik. Pada aktifitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 69% (cukup), siklus I pertemuan 2 adalah 81% (cukup), siklus II pertemuan 1 adalah 88% (baik). Selanjutnya hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 adalah 68,88, siklus I pertemuan 2 adalah 75,67, siklus II pertemuan 1 adalah 83,07. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning Tipe Team Games Turnamen (TGT).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Cooperative Learning Tipe Team Games Turnamen (TGT)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:20
Last Modified: 30 Jul 2025 01:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18594

Actions (login required)

View Item
View Item