Strategi Pembelajaran Agama Islam di TK Darul Falah Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Indria Mendela (2012) Strategi Pembelajaran Agama Islam di TK Darul Falah Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_INDRIA_MENDELA_SARI_04362_2012.pdf] Text
final_B1_7_INDRIA_MENDELA_SARI_04362_2012.pdf

Download (271kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru hanya fokus kepada tema tanpa memperhatikan anak yang berprilaku yang tidak sopan. kurangnnya penggunaan media pembelajaran sehingga anak terlalu monoton dalam strategi pembelajaran agama Islam. Guru hanya mengajarkan pembelajaran iqra‟ dalam strategi pembelajaran Agama Islam padahal pada pembelajaran Agama Islam tidak hanya pembelajaran iqra‟ saja yang diajarkan tetapi juga tentang keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui strategi yang harus dilaksanakan dalam pengembangan Agama Islam. Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan media pembelajaran.Untuk mengetahui kiat-kiat yang diberikan guru agar strategi pembelajaran berjalan dengan baik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah:metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan apa adanya sesuai dengan yang ada di lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Darul Falah Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Informan penelitian adalah kepala sekolah, guru dan anak-anak TK Darul Falah Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
eknik analisis data yaitu (1) mencatat hasil pengamatan yang telah peneliti peroleh dari dokumentasi, wawancara, dan observasi, (2) mengklasifikasikan data yang diperoleh dari hasil dokumentasi, wawancara, dan observasi, (3) menganalisa data yang telah diperoleh dari hasil dokumentasi, wawancara, dan observasi, (4) memberikan interprestasi terhadap data-data yang diperoleh dari waktu penelitian dengan cara memberi penjelasan yang bersifat kaulitatif, (5) menyimpulkan data-data yang telah dianalisa.
Berdasarkan deskripsi dan analisis data dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: strategi pembelajaran agama Islam yaitu: Strategi yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan anak, strategi pembelajaran adalah segala usaha guru untuk menerapkan berbagai metode pembelajaran dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Faktor-faktor penghambat dalam strategi pembelajaran agama Islam adalah media, sarana dan prasarana dan metode pembelajaran yang digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Agama Islam, TK Darul Falah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:22
Last Modified: 30 Jul 2025 01:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18593

Actions (login required)

View Item
View Item