Misrawati, Misrawati (2015) Pengaruh Strategi Learning Cycle -5E (LC-5E) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_MISRAWATI_1106336_4346_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_MISRAWATI_1106336_4346_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_MISRAWATI_1106336_4346_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Strategi Pembelajaran Learning Cycle -5E (LC-5E) merupakan strategi yang memiliki 5 tahap pembelajaran yang berorientasi pada pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh strategi
learning cycle -5E (LC-5E) terhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi kelas X SMA Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperime semu, dengan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design”,
sebagai populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Padang tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 9 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling dimana kelas X 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen (68,84) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (61,00). Hasil uji normalitas dan
homogenitas dari hasil tes akhir didapat bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkan bahwa harga t hitung =1,85 yang lebih besar dari t
tabel = 1,67. Ini berarti H 1l diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas
yang menerapkan strategi Learning Cycle -5E (LC-5E) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas yang belajar dengan pembelajaran konvensional di SMAN 5 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 02:32 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 02:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18586 |