Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

Yanti, Afrida (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AFRIDA_YANTI_07674_3603_2012.pdf] Text
final_B1_6_AFRIDA_YANTI_07674_3603_2012.pdf

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 12 Padanglua bahwa guru masih menggunakan metoda ceramah sehingga siswa kesulitan dalam memahami pelajaran dan hasil belajarnya kurang memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas IV SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, dan tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS kelas IV SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas untuk melihat penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran IPS. Subjek penelitian ini yaitu peneliti (guru) dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan evaluasi berupa soal isian sebanyak 10 butir.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 82,82, sedangkan siklus II adalah 90,63. Dalam pelaksanaan aktivitas guru, nilai rata pada siklus I adalah 82,5 dan siklus II terjadi peningkatan yaitu 95. Pelaksanaan aktivitas siswa, nilai rata pada siklus I adalah 82,5 dan siklus II terjadi peningkatan yaitu 95. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siklus I 74,8 dan siklus II 87,62. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:19
Last Modified: 30 Jul 2025 01:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18585

Actions (login required)

View Item
View Item