Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Maze Geometri di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping

Misnah, Misnah (2012) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Maze Geometri di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_MISNAH_52789_4250_2012.pdf] Text
final_B1_7_MISNAH_52789_4250_2012.pdf

Download (954kB)

Abstract

Kemampuan kognitif anak di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping masih rendah (di bawah KKM yang diterapkan). Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kognitif anak terhadap pemahaman bentuk-bentuk geometri.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian anak TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping kelas B3 yang berjumlah 19 orang anak dengan menggunakan metode demonstrasi praktek langsung, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
berupa observasi, wawancara dan format hasil penelitian anak, selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dari siklus I pada umumnya masih terlihat rendah, pada siklus I peningkatan
kemampuan kognitif anak terlihat masih kurang dan dilanjutkan pada siklus II perkembangan kognitif anak menjadi lebih meningkat serta menunjukkan hasil
yang positif dan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Kecenderungan peningkatan terbesar dicapai pada kemampuan serta keberanian anak dalam melakukan permainan maze geometri di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping
sehingga hasil rata-rata kemampuan kognitif anak melebihi kriteria ketuntasan maksimal yang telah ditetapkan. Ternyata kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan dari siklus I
sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan maze dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 30 Jul 2025 00:54
Last Modified: 30 Jul 2025 00:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item
View Item