Misheri, Misheri (2013) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Balok Angka di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa Suka Bumi Solok Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_MISHERNI_1109553_530_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_MISHERNI_1109553_530_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_MISHERNI_1109553_530_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di TK Tunas Bangsa Suka Bumi Solok Selatan,adapun permasalahannya yaitu kognitif anak masih rendah. Hal ini disebabkan oleh metode yang digunakan guru selalu monoton dan media yang digunakan kurang menarik dan tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan kognitif anak melalui permainan balok angka
Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subjek penelitian anak kelompok B1 di TK Tunas Bangsa Suka Bumi Solok Selatan sebanyak 14 orang terdiri dari 7 orang anak laki-laki
dan 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi, selanjutnya data diolah dengan teknik persentase.
Hasil penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak melalui permainan balok angka pada siklus I termasuk kategori rendah, dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat tinggi. Penelitian ini sudah mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan balok angka di kelompok B1 TK Tunas Bangsa Suka Bumi Solok Selatan dapat meningkatkan kognitif anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 00:54 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 00:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18581 |