Putri, Anita Dara (2022) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_anita_dara_putri_18129049_3769_2022.pdf [thumbnail of final_B1_06_anita_dara_putri_18129049_3769_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_anita_dara_putri_18129049_3769_2022.pdf
Download (449kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, disebabkan guru terlihat belum melaksanakan pembelajaran tematik terpadu, kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru,sehingga pada saat kegiatan pembelajaran siswa terlihat kurang semangat, dab siswa kurang bekerjasama dalam berdiskusi. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan a) RPP pada siklus I dengan rata-rata nilai adalah 83,33% (Baik), nilai meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (Sangat Baik). b) Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I dengan rata-rata nilai 79,68% (Cukup), nilai meningkat pada siklus II menjadi 96,87% (Sangat Baik), c) Aspek siswa siklus I dengan rata-rata nilai 78,12% (Cukup), nilai meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (Sangat Baik), d) Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 73,99, nilai meningkat pada siklus II menjadi 83,60. Dengan demikian model Kooperatif Tipe Number Head Together telah dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 23 Guguak Randah Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperatif learning Tipe Number Head Together, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Assariy Ramdhani |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 00:54 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 00:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18579 |