Efektivitas Penggunaan Modul Laju Reaksi Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA

Agustin, Monica Martha (2018) Efektivitas Penggunaan Modul Laju Reaksi Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_MONICA_MARTHA_AGUSTIN_13017241569_2018.pdf] Text
final_B1_07_MONICA_MARTHA_AGUSTIN_13017241569_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penggunaan modul laju reaksi berbasis discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA. Penelitian dilakukan di dua sekolah, yaitu SMAN 5 Bukittinggi dan MAN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang diterapkan adalah Randomized Control Posttest Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi dan MAN 3 Padang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, terpilih XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol di SMAN 5 Bukittinggi, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol di MAN 3 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan modul lebih tinggi secara signifikan daripada kelas kontrol tanpa menggunakan modul. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul laju reaksi berbasis discovery learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Bukittinggi dan MAN 3 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Discovery Learning, Laju Reaksi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:43
Last Modified: 29 Jul 2025 09:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18567

Actions (login required)

View Item
View Item