Efektivitas media monitor putar terhadap kemampuan membaca di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Padang

Aryes, Mita (2017) Efektivitas media monitor putar terhadap kemampuan membaca di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_MITA_ARYES_1205082_626_2017.pdf] Text
final_B1_07_MITA_ARYES_1205082_626_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Padang bahwa kemampuan membaca anak baru pada tahap anak mampu melengkapi huruf vokal yang hilang dan melengkapi huruf konsonan yang hilang pada kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif media monitor putar dalam mengembangkan kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah TK Negeri Pembina Padang, dan teknik pengambilan sampelnya Cluster sampling, yaitu kelompok B7 dan B4 masingmasing berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak empat butir pernyataan dan alat pengumpulan data menggunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 87,9 dan SD sebesar 5,85 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 80,8 dan SD sebesar 6,2. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,111 dan ttabel sebesar 2,04841 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 28. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan membaca dengan monitor putar efektif dalam mengembangkan kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Padang tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Monitor Putar, Kemampuan Membaca Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:43
Last Modified: 29 Jul 2025 09:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18565

Actions (login required)

View Item
View Item