Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Role Playing di Kelas V SD Negeri 14 Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam

Muzan, Muzan (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Role Playing di Kelas V SD Negeri 14 Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MUZAN_95250_3602_2013.pdf] Text
final_B1_6_MUZAN_95250_3602_2013.pdf

Download (366kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 14 Baringin, siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan guru masih dominan menggunkan metoda ceramah, akibatnya siswa kurang aktif. Padahal untuk menyampaikan materi IPS dibutuhkan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Salah satu metode pembelajaran untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah metode role playing. Metode ini memerankan suatu keadaan atau peristiwa yang dialami orang lain. Melihat hal tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode role playing di kelas V SD Negeri 14 Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan metode role playing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah proses pembelajaran IPS dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 14 orang. Jumlah siswa lakilaki 5 orang dan perempuan 9 orang. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I skor RPP 77% dengan kualifikasi cukup, dan siklus II 95% dengan kualifikasi sangat baik. Aktifitas guru siklus I diperoleh skor 82% dengan kualifikasi baik dan siklus II skor 94% dengan kualifikasi sangat baik. Untuk aspek siswa siklus I diperoleh skor 81% dengan kualifikasi baik dan siklus II skor 92% dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata hasil belajar siklus I 74,14 dan siklus II adalah 82,40. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 14 Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Metode Role Playing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:42
Last Modified: 29 Jul 2025 09:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18562

Actions (login required)

View Item
View Item