Hubungan Kecemasan Akademik dengan Motivasi Belajar Siswa

Darias, Weri Ayu (2018) Hubungan Kecemasan Akademik dengan Motivasi Belajar Siswa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_WERI_AYU_DARIAS_14006071_05_2019.pdf] Text
B1_05_WERI_AYU_DARIAS_14006071_05_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam kegiatan belajar, siswa memerlukan motivasi. Tanpa adanya motivasi dalam belajar, maka kegiatan belajar akan sulit berhasil. Ciri-ciri siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi di antaranya, tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, dapat mempertahankan pendapatnya, serta menunjukkan minat yang besar terhadap bermacam-macam masalah belajar. Dan kenyataan di lapangan terlihat motivasi belajar siswa rendah, seperti siswa menunda-nunda mengerjakan tugas yang diberikan guru, siswa terlambat datang ke sekolah, atau siswa merasa senang jika guru berhalangan hadir. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa, (2) mendeskripsikan kecemasan akademik siswa, dan (3) menguji signifikansi hubungan kecemasan akademik dengan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 2 Padang yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2018 dan penarikan sampel dengan teknik Stratified Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 93 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket skala likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan untuk melihat hubungan antara kedua variabel digunakan teknik Pearson Product Moment Correlation. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang (2) kecemasan akademik siswa berada pada kategori sedang (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecemasan akademik dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien korelasi -0,269 dan taraf signifikansi 0,009. Artinya semakin tinggi kecemasan akademik siswa, maka motivasi belajar akan semakin rendah. Sebaliknya semakin rendah kecemasan akademik siswa maka motivasi belajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Akademik, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:37
Last Modified: 29 Jul 2025 09:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18538

Actions (login required)

View Item
View Item