Trinanda, Reza (2019) Hubungan Pelatih terhadap Kreativitas Siswa dalam Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_Reza_Trinanda_15026025_2646_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_Reza_Trinanda_15026025_2646_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_Reza_Trinanda_15026025_2646_2019.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang hubungan pelatih terhadap kreativitas siswa dalam pengembangan diri seni tari di SMP Pembangunan Laboratorium UNP.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menghasilkan data kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi dan dokumentasi. Tahap untuk menganalisis data adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pengembangan diri di SMP Pembangunan Laboratorium UNP tidak mempunyai pelatih tetap dan memiliki strategi dan metode yang berbeda. Dampak yang ditimbulkan adalah siswa kurang mampu mengembangkan motif-motif gerak, siswa merasa terpojok dan tidak percaya diri jika tidak mampu menirukan teknik gerak yang diajarkan pelatih, serta siswa tidak bebas bereksplorasi dan mengekspresikan dirinya. Maka, timbul ide peneliti untuk melihat bagaimana teknik, dan ekspresi siswa dalam menarikan tari pasambahan, yang telah diberikan oleh pelatihnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelatih, Kreativitas Siswa, Seni Tari. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:37 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18534 |