Handriyani, Handriyani (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HANDRIYANI_56846_5656_2012.pdf [thumbnail of B1_6_HANDRIYANI_56846_5656_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HANDRIYANI_56846_5656_2012.pdf
Download (464kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan observasi di kelas IV SD Negeri
10 Lubuk Begalung, pada saat menyampaikan materi pelajaran IPS guru masih
mendominasi pembelajaran dan siswa tidak aktif dalam pembelajaran dengan kata
lain pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan hasil belajar
siswa rendah dan belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tersebut diadakanlah penelitian
tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
bagaimana rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS
dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair share.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Siklus I dilaksanakan Dua kali
pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan dengan 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subjek penelitian
adalah siswa kelas IV SD Negeri 10 Lubuk Begalung.
Hasil penelitian dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair
Share dalam pembelajaran IPS. (1) Dari hasil pengamatan RPP pada siklus I
dengan persentase 82,14% dan siklus II 89,28%, (2) Pelaksanaan aktivitas guru
pada siklus I dengan persentase 76,13% dan siklus II 88,63%, dan pelaksanaan
aktivitas siswa pada siklus I adalah 69,31% dan pada siklus II 81,81%, (3) Hasil
belajar siswa pada siklus I terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 60,5 pada siklus
I meningkat menjadi 73,4 pada siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 10 Lubuk Begalung Kota
Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:36 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18529 |