Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran IPA Menggunakan pendekatan Inkuiri di kelas V SD Negeri 20 Sungaitarab Kabupaten Tanah datar

Fijri, Mutia Rahmi (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada pembelajaran IPA Menggunakan pendekatan Inkuiri di kelas V SD Negeri 20 Sungaitarab Kabupaten Tanah datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MUTIA_RAHMI_FIJRI_54240_484_2016.pdf] Text
final_B1_6_MUTIA_RAHMI_FIJRI_54240_484_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 20 Sungaitarab karena guru masih menjadi sumber informasi utama dalam pembelajaran, guru belum melibatkan secara maksimal kemampuan siswa untuk merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Pendekatan yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah pendekatan Inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan pednekatan Inkuiri di kelas V SD Negeri 20 Sungaitarab Kabupaten tanah Datar . Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data Penelitian berupa proses dan Hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan aspek guru, siswa, dan hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II: a) perencanaan siklus I dengan rata-rata 76,78 % kualifikasi baik, meningkat di siklus II dengan rata-rata 92,85%, kualifikasi sangat baik, b) pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 75,00 % kualifikasi cukup, siklus II menjadi 90,62 % kualifikasi sangat baik dan aspek siswa pada siklus I dengan rata-rata 68,75 % kualifikasi cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 89,06 % kualifikasi sangat baik c) hasil belajar siswa siklus I rata-rata 69,5 kualifikasi cukup dan siklus II meningkat menjadi 78,7 kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Pendekatan Inkuiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:36
Last Modified: 29 Jul 2025 09:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18528

Actions (login required)

View Item
View Item