Luckyana, Mutia (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV SDN Gugus I Pariaman Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MUTIA_LUCKYANA_17129366_2513_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_MUTIA_LUCKYANA_17129366_2513_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MUTIA_LUCKYANA_17129366_2513_2021.pdf
Download (649kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar bangun datar yang diperoleh peserta didik di SDN Gugus I Pariaman utara karena belum maksimal menggunakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar Kelas IV SDN Gugus I Pariaman Utara. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan hasil dari beberapa pertimbangan didapatkan sampel siswa kelas IV SDN 11 Cubadak Air Utara dan siswa kelas IV 05 Tungkal Utara. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kontrol adalah melalui undian sederhana. Kelas IV SDN 11 Cubadak Air Utara ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 05 Tungkal Utara sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN Gugus I Pariaman Utara. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 2,1656 > 2,042272. Hasil belajar keliling dan luas bangun datar yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol= 78,25 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 85,57. Sehingga H a diterima dan H 0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, PBL, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 09:36 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 09:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18523 |