Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMP N 4 Kota Solok

Sriyani, Darma (2011) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMP N 4 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DARMA_SRIYANI_86243_724_2012.pdf] Text
final_B1_6_DARMA_SRIYANI_86243_724_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar IPA Fisika di SMP N 4 Kota Solok terlihat rendah karena pada proses pembelajaran guru kurang mengaktifkan siswa dalam menemukan konsep Fisika dan siswa hanya mendapatkan ilmu dari guru saja. Pembelajaran Fisika harus dilaksanakan dalam suasana belajar yang menyenangkan agar dapat memotivasi dan mendorong keaktifan belajar siswa dan diharapkan siswa menemukan sendiri pengetahuan yang mereka peroleh sehingga hasil belajar Fisika siswa dapat ditingkatkan. Salah satu cara yang digunakan untuk memotivasi dan mengaktifkan belajar siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan adalah dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif tipe Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII SMP N 4 Kota Solok.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Kota Solok yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Data penelitian meliputi hasil belajar dari dua ranah yaitu kognitif dan afektif, untuk ranah psikomotor datanya tidak diambil karena keterbatasan observer dan ketersediaan alat di laboratorium. Instrumen penilaian berupa tes hasil belajar, format observasi ranah afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t.
Dari kegiatan penelitian yang dilakukan didapatkan data penilaian hasil belajar IPA Fisika siswa pada 2 ranah. Pertama, pada ranah kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen 76,19 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 66,56. Dengan uji statistik t, didapatkan thitung = 2,37 dan ttabel = 2,0019. Begitu juga dengan hasil belajar ranah afektif, didapatkan rata-rata kelas eksperimen 70,14 lebih tinggi dibanding kelas kontrol 65,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar IPA Fisika siswa kelas VIII SMP N 4 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: reciprocal teaching, hasil belajar, IPA Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:36
Last Modified: 29 Jul 2025 09:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18520

Actions (login required)

View Item
View Item