Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Satuan Waktu Dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 09 Air Tawar Barat Padang

Mithuari, Muthia (2016) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Satuan Waktu Dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 09 Air Tawar Barat Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MUTHIA_MITHUARI_1100626_3531_2016.pdf] Text
final_B1_6_MUTHIA_MITHUARI_1100626_3531_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyatan di kelas V SDN 09 bahwa guru pada pembelajaran operasi hitung satuan waktu bahwa guru kurang mengaitkan pembelajaran dengan masalah-masalah nyata yang dekat dengan siswa dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang berfikir kritis selama pembelajaran berlangsung. Sehingga hasil belajar dikelas V rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learning di kelas V SDN 09 Air Tawar Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuntitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaskanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas V. Data penelitian yaitu RPP, aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil pengamatan dan tes. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran di kelas V. Dapat dilihat pada hasil pengamatan RPP siklus I nilai rata-rata 78.57% meningkat silkus II menjadi 92,85%. Hasil pengamatan aspek guru siklus I nilai rata-rata 75% meningkat siklus II menjadi 90%. Hasil pengamatan aspek siswa siklus I nilai rata-rata 75%, meningkat siklus II menjadi 90%. Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata 76,84 meningkat siklus II menjadi 89,35. Dengan demikian, model Problem Based Learning dapat meningkatkan pembelajaran operasi hitung satuan waktu di kelas V SDN 09 Air Tawar Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Operasi Hitung Satuan Waktu, Model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:35
Last Modified: 29 Jul 2025 09:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18515

Actions (login required)

View Item
View Item