Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Classroom Blogging Terhadap Hasil Belajar Menguasai Cara Menggambar Kunci Untuk Animasi Siswa Kelas XII Jurusan Multimedia SMK Negeri 2 Padang Panjang

Murza, Weni Tri Pebria (2017) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Classroom Blogging Terhadap Hasil Belajar Menguasai Cara Menggambar Kunci Untuk Animasi Siswa Kelas XII Jurusan Multimedia SMK Negeri 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_WENI_TRI_PEBRIA_MURZA_1206521_1241_2017.pdf] Text
B1_05_WENI_TRI_PEBRIA_MURZA_1206521_1241_2017.pdf

Download (12MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Menguasai Cara Menggambar Kunci Untuk Animasi di SMK Negeri 2 Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Student Centered Learning berbasis Classroom Blogging terhadap hasil belajar Menguasai Cara Menggambar Kunci Untuk Animasi siswa kelas XII jurusan multimedia SMK Negeri 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini bersifat penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobality sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas kontrol adalah XII MM 2 menggunakan model pembelajaran langsung dan kelas eksperimen adalah XII MM 3 menggunakan metode pembelajaran Student Centered Learning berbasis Classroom Blogging. Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 83,06, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 71,85. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan thitung > ttabel yaitu (8,285 > 1, 675), karena thitung besar dari ttabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan persentase pengaruh 15,60 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Student Centered Learning berbasis Classroom Blogging tehadap hasil belajar Menguasai Cara Menggambar Kunci Untuk Animasi siswa kelas XII Jurusan Multimedia SMK Negeri 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode pembelajaran Student Centered Learning berbasis Classroom Blogging , model pembelajaran langsung
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 29 Jul 2025 09:34
Last Modified: 29 Jul 2025 09:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18511

Actions (login required)

View Item
View Item